• Telp Free: 031-566 6669
  • Email : bilyatimi@gmail.com
  • Whatsapp: 0857 3200 2002

Sejarah

HIMMATUN AYAT
( Himpunan Muslim Penyantun Anak Yatim dan Anak Telantar )

Himmatun Ayat adalah organisasi sosial Islam yang bertujuan membangun kepedulian masyarakat kepada anak-anak yatim dan anak telantar dalam meraih cita-citamenuju masa depan yang lebih baik.Kami hadir untuk mengoptimalkan penyaluran dana dari donatur, secara amanah dan profesional dalam memberikan pelayanan terbaik kepada mereka yang membutuhkan.
Sekilas Himmatun Ayat.

Krisis moneter tahun 1997 berdampak besar pada kehidupan perekonomian bangsa Indonesia. Dan yang paling merasakan dampaknya adalah kaum dhuafa terutama anak – anak yatim dan telantar. Hingga awal tahun 1999 perekonomian Indonesia juga belum pulih yang mengakibatkan banyak anak–anak putus sekolah. Hal tersebut mendorong beberapa alumni aktivis masjid kampus di Surabaya berpikir dan bertindak untuk mencari solusi dari persoalan ini. Dimotori oleh H. MA. Kholiq Hamid dan dr. H. Sukoco, serta beberapa alumni aktivis masjid kampus berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang dapat menyelamatkan anak–anak yatim dari ancaman putus sekolah. Kegiatan tersebut diberi nama Akbarya ( Amal kesejahteraan bagi pelajar yatim ) yang mempunyai basecamp disalah satu kamar kos rumah milik orang tua salah satu aktivis. Kegiatan awal Akbarya adalah pengumpulan santunan dari mahasiswa–mahasiswa yang disalurkan dalam bentuk pembinaan dan penyantunan anak yatim usia sekolah di sekitar kampus Universitas Wijaya Kusuma Dukuh Kupang Surabaya.

Setelah setahun berjalan ternyata apresiasi masyarakat sungguh luar biasa dan mendorong untuk melegalkan kegiatan dalam bentuk sebuah organisasi. Dengan berbagai pertimbangan maka dibentuklah organisasi Himmatun Ayat pada bulan April 2000. Himmatun Ayat kependekan dari Himpunan Muslim Penyantun Anak Yatim, Sesuai namanya,diawal berdiri organisasi ini mempunyai kegiatan fokus untuk pembinaan dan penyantunan anak yatim. Namun dalam perkembangannya sasarannya diperluas juga untuk anak telantar.

Sesuai visi membangun kepedulian umat, dalam perjalanannya Himmatun Ayat menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik kelompok masyarakat, lembaga pendidikan hingga instansi-instansi untuk mendukung dakwah yatim. Dengan sifat keterbukaannya,hingga tahun 2013 ini sudah 23 sekretariat cabang telah menjadi bagian dakwah yatim. Sekretariat–sekretariat tersebut tersebar dari pusat kota hingga pelosok-pelosok desa dengan total binaan 935 anak yatim dan telantar. Jumlah ini akan terus berkembang seiring permintaan dari masyarakat untuk bersama-sama membina dan menyantuni anak yatim dan anak telantar di lingkungan sekitar mereka.