09
Oct

Soft Opening Pondok Yatim Istini Taswan Himmatun Ayat Cabang Krembangan


Surabaya – Sore hari yang berseri pada hari itu Himmatun Ayat melaksanakan hajatan yakni Soft Opening Pondok Yatim Istini Taswan Himmatun Ayat Cabang Krembangan. Alhamdulillah pada bulan September 2019 kali ini Himmatun Ayat memperoleh hibah berupa peminjaman sebuah rumah lantai 2 yang beralamat di Jalan Krembangan Baru Gang 4 No. 9, Insya Allah akan difungsikan sebagai Sekretariat Cabang, Pondok Yatim serta tempat pembinaan untuk anak-anak yatim di sekitar wilayah Krembangan Baru. Rumah tersebut merupakan wasiat dari Almarhumah Ibu Istini dan Almarhum Bapak Taswan agar dimanfaatkan untuk pembinaan dan pendidikan anak-anak yatim.
Pada sore itu acara dimulai tepat pada pukul 15.30 WIB bada Shalat Ashar dengan pra acara shalawat Al-Banjary dari anak-anak yatim binaan Himmatun Ayat Pusat, dan diawali dengan pembacaan Ummul Qur’an. Acara yang dihadiri oleh 45 anak yatim dari wilayah krembangan beserta walinya tersebut berlangsung dengan meriah dan tertib, tampak wajah sumringah pada anak-anak yatim tersebut saat mengantri registrasi menuju ke venue acara. Hadir pula tokoh masyarakat, ketua RT, ketua RW, wakil Lurah dan warga sekitar. Segenap pengurus Himmatun Ayat dengan sigap mempersilahkan para tamu undangan untuk duduk di tempat yang telah disediakan. Pada kesempatan itu pula hadir Ketua Dewan Pembina Yayasan Himmatun Ayat yakni H. MA. Kholiq Hamid, Ketua Yayasan Himmatun Ayat Budi Hartoyo beserta Ketua Cabang Himmatun Ayat Surabaya dan segenap Pengurus Pusat.
Kemudian acara dimulai dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama disampaikan oleh Agus Syafi’i selaku ketua panitia dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas hadirnya para anak-anak yatim sekitar Krembangan dan tamu undangan yang telah meluangkan waktunya serta kepada segenap panitia yang telah bahu membahu untuk mensukseskan jalannya acara tersebut. Pada kesempatan itu pula Agus Syafi’i menerangkan tentang visi dan misi Yayasan Himmatun Ayat kepada para tamu undangan yang hadir.
Sambutan selanjutnya yakni perwakilan tokoh masyarakat yang disampaikan oleh H. Sahid selaku koordinator anak-anak yatim di sekitar wilayah Krembangan. “ Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas undangan dari Yayasan Himmatun Ayat, semoga kita bisa saling bersinergi untuk membina dan mendidik anak-anak yatim serta saya sangat mendukung dengan keberadaan Himmatun Ayat di wilayah Krembangan Surabaya ini, semoga keberadaan Himmatun Ayat di wilayah ini manfaatnya bisa dirasakan oleh anak-anak yatim dan ibu janda yatim, “ ungkap beliau.
Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Budi Hartoyo selaku ketua Yayasan Himmatun Ayat, dalam sambutannya beliau menyampaikan, “ Himmatun Ayat adalah singkatan dari Himpunan Muslim Penyantun Anak Yatim dan Anak Terlantar jadi semua yang merasa dirinya kaum muslim bisa bergabung dan berhimpun dengan yayasan kita dan marilah saling bersinergi untuk mengangkat derajat anak-anak yatim dengan memberikannya pembinaan dan pendidikan yang layak kepada mereka, “ imbuh Budi.
Setelah sambutan-sambutan acara dilanjutkan dengan pemberian santunan secara simbolis berupa santunan sembako dan uang. Lima perwakilan anak yatim dipersilahkan maju ke depan untuk menerima santunan simbolis, serta dipersilahkan pula Agus Syafi’i selaku Ketua Panitia, Budi Hartoyo selaku Ketua Yayasan Himmatun Ayat, H.MA. Kholiq Hamid selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Himmatun Ayat dan perwakilan masyarakat untuk menyampaikan santunan secara simbolis kepada anak-anak yatim. Kemudian acara dilanjutkan dengan foto bersama.
Akhirnya acara yang dinanti-nanti telah tiba yakni Mauidhotul Hasanah yang disampaikan oleh H.MA. Kholiq Hamid, beliau memberikan motivasi kepada ibu-ibu janda yatim dalam membina dan mendidik anak-anaknya. Serta menyampaikan bahwa hukum menyantuni anak yatim adalah fardhu kifayah, maka wajib untuk masyarakat yang keberadaan di suatu wilayahnya yang ada anak yatimnya untuk dibina dan disantuni secara baik dan layak. Beliau juga menyampaikan bahwa menyantuni anak-anak yatim merupakan perintah Allah melalui kitab suci Al-Qur’an yang mana Allah menyebutkan kata anak yatim di dalam Al-Qur’an sebanyak 23 kali serta beliau menyampaikan bahwa anak-anak yatim adalah amanah negara sesuai dengan Pasal 34 yang menyebutkan bahwa fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara, maka sudah selayaknya kita bersama untuk peduli kepada anak yatim.
Dipenghujung acara tepat pukul 17.00 WIB ditutup dengan doa yang dipimpin oleh H. Sahid dan membagian santunan kepada anak-anak yang hadir. Alhamdulillah acara berlangsung dengan lancar, semoga Himmatun Ayat cabang Krembangan keberadaannya bermanfaat bagi anak-anak yatim sekitar dan bisa istiqomah menjalankan dakwah yatim. ( arfan )