12
Sep

Semarak Penyembelihan Hewan Qurban Himmatun Ayat


Surabaya- Pagi hari yang cerah (11/08/2019) di Masjid YAI Himmatun Ayat Pusat, jam tangan menunjukkan pukul 07.30 WIB dan berbagai peralatan untuk penyembelihan sudah terlihat lengkap, mulai dari alat potong, timbangan, terpal, kayu balok dan alat-alat lainnya. Pada tahun ini pelaksanaan penyembelihan hewan qurban Himmatun Ayat Surabaya dilaksanakan 3 (tiga) tempat yakni Masjid YAI Sekretariat Pusat dilaksanakan penyembelihan 1 ekor sapi, di sekretariat Wonorejo dilaksanakan penyembelihan 5 ekor sapi, dan di sekretariat Kedung Rukem dilaksanakan penyembelihan 1 ekor sapi dan beberapa kambing.
Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Sekretariat Pusat dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 11 Agustus 2019, acara penyembelihan berakhir pukul 10.00 WIB, di Masjid YAI acara penyembelihan hewan qurban dilaksanakan bersama-sama masyarakat sekitar. Pada saat yang bersamaan, penyembelihan juga dilaksanakan di Sekretariat Wonorejo, disana sudah menunggu pengurus, anak-anak yatim dan ibu janda yang siaga untuk melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Wonorejo kali ini dibantu oleh guru-guru dari SDI dan MTs Plus Himmatun Ayat. Untuk anak-anak yatimnya sendiri dibagi menjadi dua kelompok : kelompok remaja putra membantu penyembelihan dan pemotongan daging, sedangkan kelompok remaja putri mendapat tugas membagikan daging qurban dan bersih-bersih. Itu dilakukan agar pada akhir waktu semua tidak capek dan letih.
Setelah terpotong menjadi beberapa bagian, selanjutnya adalah penimbangan. Masing-masing anak mendapat 2 kg daging, secara berurutan pengurus yang bertugas membagikan daging qurban mulai mengumpulkan daging qurban yang sudah dibungkus, daging hewan qurban tersebut didistribusikan kepada Sekretariat Cabang Petemon, Sekretariat Cabang Donokerto, Sekretariat Wonorejo, Sekretariat Pusat untuk santri TPQ, murid-murid SDI Himmatun Ayat dan MTs Plus Himmatun Ayat serta untuk pengurus bagian Manajemen kantor. Acara penyembelihan berakhir pada pukul 15.00 WIB dan Alhamdulillah seluruh daging qurban telah didistribusikan kepada seluruh santri yatim yang berhak menerima daging qurban.
Bagaimana kabar Idul Adha di sekretariat yang lain ? Secara umum sama konsepnya, kita berusaha melibatkan anak-anak yatim dalam pelaksanaannya. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya pembelajaran berbagi sejak dini. Hanya kemasannya saja yang berbeda-beda, tergantung kreatifitas masing-masing cabang. Dibandingkan tahun lalu kali ini mengalami peningkatan perolehan donatur qurban, di hari kedua masih ada yang titip qurban, sehingga total yang diterima panitia Qurban Himmatun Ayat Surabaya tahun ini 60 donatur patungan sapi dan 51 donatur kambing. Alhamdulillah amanah telah disampaikan kepada yatim binaan Himmatun Ayat Surabaya hingga pelosok daerah Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Jember, Mojokerto, Jombang, Nganjuk , Kediri, Ngawi, Ponorogo, Rembang, Bandung, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Batam, Riau dan Malang. Terimakasih kepada Panitia dan Donatur semua semoga ibadah kita diterima dan semakin mendekatkan diri kepada Alloh Subhanahu Wata’alaa.
Penyembelihan Hewan Qurban di Jakarta
Pada edisi Idul Adha 1440 H kali ini Alhamdulillah pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Himmatun Ayat Jakarta berjalan dengan lancar, Minggu, 11 Agustus 2019 di sekretariat Rawasari, dengan perolehan hewan qurban : Sekretariat Rawasari 1 Sapi dan 17 Kambing dan Sekretariat Kebayoran 2 Kambing. Terima kasih kami sampaikan kepada donatur yang telah memberikan hewan qurbannya, diantaranya : 1. Bp. WAWAN & Keluarga 4 ekor kambing, 2. Ibu Candra & Keluarga 1 ekor sapi, 3. Hj. Lien Narti & Keluarga 1 ekor kambing, 4. Dr. Anna & Bp. Drasospolino 1 ekor kambing, 5. Mall Green Pramuka 2 ekor kambing, 6. Bp. Islah & Ibu Fatma 1 ekor kambing, 7. Bp. Edward & Ibu Evi 2 ekor kambing, 8. Bp. Achadi & keluarga 1 ekor kambing, 9. Faisal & Keluarga 1 ekor kambing, 10. Ibu Fad 1 ekor kambing, 11. Bp. Junaedi 1 ekor kambing, 12. Ibu Hasanah 1 ekor kambing, 13. Mama Janet 1 ekor kambing, 14. Ibu Sri Wuryani 1 ekor kambing, 15. Bp. Adi Nugroho 1 ekor kambing, 16. Shodaqoh 1 ekor kambing dari Bang Haris.
“Semoga Qurbanya di terima oleh ALLAH SWT, Tambah Berkah Rezeqinya dan kehidupan keluarganya, dan menjadi kendaraan di yaumul akhir nanti, aamiin…dan Kami Yayasan Himmatun Ayat Jakarta mengucapkan Banyak terima kasih yang sebesar besarnya atas kepercayaan Donatur kepada kami, jazakumullahu khoiron katsir.. “Semoga qurban semua donatur diterima oleh Allah SWT, dibalas dengan balasan yang berlipat ganda, diberikan keberkahan rezekinya, keberkahan umurnya, selalu diberikan kesehatan, amiin ya robbal ‘alamin”, imbuh bu Fatimah.
Penyembelihan Hewan Qurban di Kepulauan Batam
Penyembelihan hewan qurban di Himmatun Ayat Batam dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Agustus 2019. “ Sahabat Ikhwan akhwat Fillah para donatur dan Simpatisan Yayasan Himmatun Ayat Batam yang insya Alloh senantiasa dimuliakan Allah SWT. Ijinkan kami dari segenap Jajaran Pengurus Yayasan Himmatun Ayat Batam menyampaikan ucapan terimakasih yang tiada terhingga kepada seluruh para donatur yang sudah berkenan berqurban di yayasan kami, semoga Qurban sahabat Fillah diterima sebagai amal kebajikan untuk menggapai Ridlo Alloh SWT serta usahanya diberikan kelancaran, dan kesuksesan keluarganya dijadikan keluarga yang harmonis sakinah mawadah warahmah dan diberikan keturunan yang Sholeh Sholehah”, ungkap Hadi Nasrullah selaku perwakilan Himmatun Ayat Batam.
Pada tahun ini Himmatun Ayat Batam melaksanakan penyembelihan hewan qurban dari donatur Ibu Dyant’sri dengan atas nama Alm. Muhammad Rafli Saputra bin Supono dan hewan qurban dipotong oleh Guru kita Al Mukarom Al Ustadz H. Dudun Sulaeman.
Penyembelihan Hewan Qurban di Gresik Kota
Selanjutnya kabar dari Himmatun Ayat Gresik Kota, Alhamdulillah pada Idul Adha tahun ini Himmatun Ayat Gresik Kota memperoleh hewan Qurban berupa kambing sebanyak 13 ekor, berikut nama-nama para donatur Qurban kami : Diah Retno Dewi, Hikari Kikuchi, Radia Kimiko Putri Prama, Sutilah, Amanda Puspita, Nur Siyah Binti H. Aserun, Indah Sukarnowati Binti Sarwan, Reni Puspa Daniati, Keluarga Agung, Enik Aguswati, M. Thoyyib Anhar, Nadya Shafwa Bahira Mas’ud dan M. Ali Musthofa.
“ Terima kasih kepada para donatur dermawan yang sudah berqurban semoga Hajat baiknya dunia dan Akhirotnya di Ijabah deneng Gusti Allah SWT,” tutur Ustadz Ainun. Selanjutnya daging qurban di bagikan kepada yatim piatu binaan Himmatun Ayat Gresik Kota, pengurus, relawan dan 13 dermawan yang berqurban.
Penyembelihan Hewan Qurban di Jember
Pada hari Minggu, 11 Agustus 2019 telah dilaksanakan penyembelihan sebanyak 16 kambing qurban yang dilaksanakan di LKSA Akbar Sejahtera Jember. “Selanjutnya daging hewan qurban segera disalurkan ke 251 anak yatim, piatu, dhuafa dan terlantar , selebihnya dibagikan ke masyarakat, mudah-mudahan bermanfaat dan barokah,” ungkap KH. Shirotol Mustaqim selaku Ketua Himmatun Ayat Jember. Semoga qurban para donatur dan dermawan Himmatun Ayat diterima oleh Allah SWT dan semoga dimudahkan serta dilapangkan rezekinya. Aamiiin.
Penyembelihan Hewan Qurban di NTT
“Alhamdulillah akhirnya Himmatun Ayat pada tahun ini melakukan pendistribusian hewan qurban untuk saudara-saudara kita yang tinggal di pelosok daerah salah satunya yakni di Maumere dan Kupang Nusa Tenggara Timur, “ ungkap Budi Hartoyo selaku ketua Yayasan Himmatun Ayat. Penyembelihan dilaksanakan di LKSA /PA Ummul Mukninin Hafsah satu ekor kambing yang berlokasi di Maumere dan 2 ekor kambing dilaksanakan di dusun Tesbatan Kecamatan Amarasi Kupang Nusa Tenggara Timur, tepatnya pada hari Senin, 12 Agustus 2019 telah dilakukan penyembelihan hewan kurban dan langsung didistribusikan untuk 21 KK. Semoga qurban dari para donnatur dan dermawan Himmatun Ayat diterima Alloh SWT dan mendapat balasan terbaik dari Alloh. Aamiin yaa robbal’alamiin.