12
Sep

Peringatan HUT RI Ke-74 di Himmatun Ayat. Ada yang Fun, Ada yang Edukatif


Surabaya – Himmatun Ayat memiliki kegiatan dan tradisi dalam memperingati hari ulang tahun ( HUT ) RI. Ada yang unik, mengundanng tawa, dan penuh nilai edukatif. Semua yatim binaan diminta ikut serta. Tahun ini peringatan HUT RI ke-42 di Himmatun Ayat agak berbeda dengan sebelumnya. Namun, dijamin acaranya tetap seru. Peringatan HUT RI ke- 74 tahun ini dirangkum dalam rangkaian acara pekan Idul Adha 1440 H.
Tahun ini beberapa perlombaan yang dikoordinir langsung oleh Panitia Tim Bilyatimi, yakni lomba futsal antar cabang Himmatun Ayat Se Surabaya, lomba mewarnai, lomba tilawati dan lomba hadrah al banjary. Khusus lomba futsal dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2019 yang dihelat di lapangan futsal La Liga Surabaya. Sistem yang digunakan pada perlombaan futsal kali ini yakni sistem kompetisi sehingga setiap tim dari cabang-cabang Surabaya saling berhadapan dan siapa yang memperoleh poin terbanyak dialah pemenangnya. Pada lomba futsal yatim tahun ini dimenangkan oleh tim futsal dari cabang Petemon dan runner up diraih oleh cabang Donokerto. Tampak anak-anak yatim sangat fun dan antusias dalam mengikuti lomba futsal pada tahun ini.
Selanjutnya yakni lomba mewarnai, lomba tilawati dan lomba hadrah dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2019 di Masjid YAI Himmatun Ayat Pusat, acara perlombaan kali ini dirangkai dengan kegiatan buka puasa sunnah Arofah bersama dan pawai obor atau takbir keliling. Seluruh yatim peserta lomba berkumpul di Masjid YAI pada pukul 15.00 WIB dan acara dimulai dengan shalat Ashar berjamaah terlebih dahulu. “Alhamdulillah, peserta yang berpartisipasi dalam lomba tahun ini banyak, semoga ini bisa menjadi pembelajaran kepada anak-anak yatim Himmatun Ayat untuk selalu cinta Al-Qur’an dan cinta Rasulullah SAW”, ungkap Juned selaku panitia lomba.
Pengumuman para juara lomba dilaksanakan ketika para peserta selesai melaksanakan takbir keliling yakni pada pukul 20.30 WIB, dan tibalah saat-saat pengumuman juara lomba. Juara 1 lomba mewarnai diraih oleh perwakilan santri dari Petemon, juara 2 dari Donokerto dan juara 3 dari Dukuh Kupang. Selanjutnya untuk lomba Tilawati juara 1 diraih oleh perwakilan santri dari cabang Kedung Rukem, juara 2 dari Wonorejo dan juara 3 dari Dukuh Kupang. Kemudian untuk juara lomba Hadrah Al-Banjary juara 1 diraih oleh cabang Kedung Rukem dan juara 2 diraih oleh cabang Wonorejo. Yang tidak kalah penting, setiap pemenang pada tiap perlombaan tersebut mendapatkan hadiah dari Yaayasan, hadiahnya berupa piala, sertifikat pemenang, serta uang beasiswa pendidikan.
“ Walaupun sangat sederhana, banyak nilai positif didalamnya. Misalnya, kekompakan, riang, aktif, kebersamaan, sportif, hingga jujur. Selain itu, anak didik bisa merasakan suasana kebersamaan sesama santri yatim Himmatun Ayat, “ tutur Budi Hartoyo selaku Ketua Yayasan Himmatun Ayat.
“ Tujuan dilaksanakannya kegiatan perlombaan ini adalah untuk mengembangkan pendidikan santri yatim, yakni religius, nasionalisme, integritas, mandiri dan gotong-royong”, imbuh Pak Aziz selaku dewan juri lomba. Semoga perayaan HUT RI pada tahun-tahun selanjutnya di Himmatun Ayat semakin variatif dan tentu lebih meriah dan semarak lagi. Misalnya diadakannya lomba Olimpiade Sains atau Pekan Olimpiade Yatim Se-Himmatun Ayat Indonesia. Majulah Himmatun Ayat, Majulah Indonesiaku. Dirgahayu Republik Indonesia ke-74, Merdeka….Merdeka……
(arfan)