12
Sep

Pawai Obor dan Takbir Keliling Yatim Himmatun Ayat

Surabaya- Sabtu (10/08/2019), Yayasan Himmatun Ayat wilayah Surabaya menggelar acara Pawai Obor dan Takbir Keliling, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H. Pengurus Sekretariat Pusat Dukuh Kupang adalah yang paling sibuk, karena persiapan dan start dimulai dari sekretariat yang terletak di Jl. Dukuh Kupang XX no. 40 Surabaya. Takbir keliling kali ini melewati rute jalan Dukuh Kupang XX – Depan Kampus Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) – Dukuh Kupang XXV – Raya Dukuh Kupang – Dukuh Kupang XX, dan finish kembali di sekretariat pusat Jl. Dukuh Kupang XX No. 40 Surabaya
Takbir keliling kali ini benar-benar semarak dan meriah, karena diikuti oleh anak-anak yatim binaan dari 5 sekretriat cabang Surabaya, total keseluruhan peserta 400 anak yatim, dan 10 orang pengurus dari masing-masing cabang.
Tepat pukul 15.00 WIB seluruh peserta diwajibkan berkumpul di Masjid YAI Sekretariat Pusat untuk mengikuti shalat Ashar berjamaah, selesai sholat Ashar berjamaah seluruh peserta mengikuti acara lomba-lomba dalam Rangka menyemarakkan HUT RI ke-74.Tujuan dilaksanakannya lomba-lomba yakni agar anak-anak bersemangat dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Selesai acara perlombaan acara dilanjutkan dengan berbuka puasa sunnah Arofah bersama dan shalat magrib berjamaah.
Setelah berbuka puasa dan shalat magrib berjamaah dilanjutkan shalat Isyak berjamaah di Masjid YAI. Tepat pukul 19.15 WIB setelah shalat isya’ para peserta takbir keliling diberangkatkan dengan formasi barisan depan dipimpin pemandu takbir yang berada di atas motor roda tiga beserta sound systemnya kemudian disambung dengan iringan drumb band “Gita Swara” dari anak anak yatim binaan Dukuh Kupang, barisan kedua pembawa bendera, barisan ketiga dari anak binaan cabang Petemon, disusul dari cabang Donokertjo, dan Wonorejo. Total ada 50 batang Obor hasil buatan anak-anak Dukuh Kupang yang menyinari barisan mereka dalam gema takbir.
“ Terimakasih Pak Polisi, terutama untuk jajaran kepolisian Polsek Dukuh Pakis yang telah mengawal acara Pawai Obor dan Takbir Keliling anak-anak yatim Himmatun Ayat sehingga berjalan dengan lancar serta tidak ketinggalan termasuk Kapolsek Dukuh Pakis Kompol Sugihartoyo, saking antusiasnya sampai ikut jalan kaki. Tidak hanya itu, beliau juga memberi motivasi dan hadiah, sambil bercerita tentang dirinya yang sejak 5 tahun sudah menjadi anak yatim, dengan kesungguhan berusaha dan doa kini berhasil menjadi Kapolsek. Semoga semangatnya menular ke anak-anak, “ ungkap Budi Hartoyo selaku Ketua Yayasan Himmatun Ayat.
Pukul 20.15 WIB peserta takbir keliling sampai di garis finish, yakni sekretariat pusat Yayasan Himmatun Ayat, setelah beristirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan pembagian Doorprize untuk para peserta. Total 200 hadiah telah dibagikan, beberapa diantaranya terlihat berisi sembako, beberapa mie instant, peralatan sekolah, peralatan mandi, kotak tabungan, dan lain sebagainya. Suasana riang gembira terpancar dari anak yatim saat menunggu pengumuman dari nomor undian yang mereka bawa. Disela-sela pembagian doorprize tersebut diumumkan pemenang perlombaan yang dilaksanakan tadi sore.
Menurut ketua Panitia Idul Adha 1440 H, Ishaq Junaidi acara Pekan Idul Adha tahun ini dikreasi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini kebersamaan antar anak yatim dan pengurus di seluruh cabang Himmatun Ayat Surabaya lebih terasa. Adapun tujuan utamanya adalah terciptanya kesatuan antar cabang di wilayah Surabaya dan agar syiar Islam lebih kelihatan.
Pada keesokan harinya dilaksanakan penyembelihan hewan kurban dari beberapa donatur, di tiga titik yaitu, Dukuh Kupang, Wonorejo, dan Kedung Rukem.
Di wilayah lain Yayasan Himmatun Ayat juga menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban, seperti di Sidoarjo, Gresik, Jombang, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Kediri, Pasuruan, Bandung, Jember dan Jakarta serta Qurban Camp di Sumenep Madura.
Juned kembali menuturkan bahwa agenda Idul Adha 1440 H berjalan cukup lancar karena hasil kerjasama semua pihak, dan kesabaran para panitia dalam mengikuti setiap kordinasi dan evaluasi. “Terima kasih kepada seluruh donatur yang telah mempercayakan qurbannya untuk disalurkan oleh Himmatun Ayat. Segala kekurangan dan kendala telah kami evaluasi, Insya Allah tahun depan dapat lebih baik” pungkas Juned.
( Aldric )