Tangan Yang di Atas Lebih Baik Daripada Tangan Yang di Bawah

Rasullulah SAW mengajarkan tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Artinya beliau menekankan kepada umatnya untuk lebih suka berbagi daripada menerima, dan Rasullulah SAW menggambarkan bahwa orang yang mulia di muka bumi ini adalah orang yang memberikan manfaat bagi orang lain, itulah sebenarnya cerminan dari agama islam sebagai agama rahmatan lil alamin. Itulah yang mendasari kegiatan bakti sosial oleh siswa-siswi TK Kreatif Cendekia di YPAI (Yayasan Peduli Anak kangker) di Jl Darmahusada Indah Timur IX Blok L No. 142 Surabaya pada 10 Mei 2018.

Bakti sosial tersebut merupakan bagian salah satu agenda rutin tahunan dari TK Kreatif Cendekia, yaitu sekolah gratis 100% bagi anak yatim dan telantar binaan Yayasan Himmatun Ayat cabang Donokerto. Sebelumnya dua tahun terakhir TK Kreatif Cendekia telah melakukan kunjungan di sekolah anak cacat dan pantai jompo. Setiap bakti sosial yang dilakukan merupakan hasil dari uang shodaqoh anak tiap harinya selama satu tahun. Selain misi sosial bakti sosial yang dilakukan siswa-siswi TK Kreatif Cendekia adalah merupakan bagian dari misi pendidikan dalam melandasi karakter yang kuat, karena setiap orang sukses tidak lepas dilandasi oleh karakter yang kuat. Dengan kegiatan bakti sosial tersebut dalam rangka memberikan pengalaman yang positif untuk membangun kecerdasan emosional anak, yang diyakini lebih besar pengaruhnya dalam potensi kesuksesan anak dari pada hanya sekedar kecerdasan intelektual.

Dari bakti sosial yang dilakukan secara tidak langsung mengajarkan mereka untuk mempunyai kepedulian sosial yang tinggi. Walaupun mereka siswa-siswi TK Kreatif Cendekia berlatar belakang sebagi anak yatim, telantar dan tidak mampu tetapi bukan berarti mereka tidak diajarkan untuk selalu terbiasa tangan di atas dari pada tangan di bawah. Seperti halnya apa yang diinginkan Nabi Muhammad SAW terhadap umatnya. Karena mereka juga kelak akan menjadi orang-orang yang sukses, oleh karena itu tidak ada alasan untuk tidak mengajarkan mereka menjadi pribadi-pribadi yang suka berbagi. Dengan membiasakan mereka untuk selalu berbagi, justru akan menguatkan karakter anak sebagai calon orang-orang besar dan sukses.Dan hal tersebut yang diyakini oleh pola pendidikan dari TK Kreatif Cendekia yang berdomisili di Jl Donokerto VII/18A, Surabaya. (Fatah)

Leave a Reply