Haflatul Imtihan dan Haul Akbar, TPQ-Ponpes Da’watul Aytam Himmatun Ayat

Selasa, 1 Mei 2018, sekitar pukul 19.00 WIB terlihat dari kejauhan di sekretariat Yayasan Himmatun Ayat yang beralamat di Jl. Kedung Rukem IV/41 Surabaya sudah di ramai-i oleh para hadirin untuk menyaksikan acara haflatul imtihan santriwan-santriwati TPQ dan Ponpes Da’watul Aytam Himmatun Ayat.

Pagi hari sebelumnya, acara ini diisi dengan khotmil qur’an oleh para penghafal Al Qur’an, dilanjutkan dengan doa bersama anak yatim, donatur dan masyarakat umum, pemberian santunan kepada anak yatim binaan, dan yang kemudian malam harinya diisi dengan pengajian akbar, pentas seni, dan juga wisuda TPQ.

Acara yang digelar tiap tahun menyambut bulan Ramadhan ini alhamdulillah masih tetap istiqomah dan meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Dalam pra acara, berbagai tampilan islami dari adik-adik TPQ menjadi penyemarak acara tersebut.

Usai tampilan-tampilan, acara inti pun dimulai dan diawali dengan pembukaan oleh MC, yang dilanjutkan sambutan dari ketua Yayasan (Budi Hartoyo, S.Si), dewan pendiri (H.MA. Kholiq Hamid), pengasuh ponpes (Zainal Abidin Al Hafidz), dan juga tidak lupa ketua RW setempat yaitu bapak Warsono, juga turut mengeluarkan sepatah dua patah sambutannya. Sejenak, agar suasana tidak tegang, di sela-sela acara, para ibu janda yatim juga menunjukkan tampilannya dengan tenang dan santai.

Beberapa menit kemudian, sebanyak 17 wisudawan wisudawati Himmatun Ayat dipanggil dan naik satu persatu ke panggung untuk menerima syahadah atau ijazah atas prestasi keberhasilannya dalam mengaji/menghafal Al Qur’an dan menjadi santri teladan yang dicapainya selama setahun.

Di penghujung acara, para hadirin dibuat tertawa dan juga semangat antusias mendengarkan mauidhoh hasanah yang disampaikan oleh KH. Drs Fauzi Syafi’i Al Hafidz dengan membawa tema “Anak adalah amanah dan batu ujian bagi orang tua.” Usai mauidhoh hasanah, acara pun ditutup dengan doa. Namun, sebelum para hadirin beranjak dari tempatnya, beberapa doorprize dengan semarak dibagikan kepada para hadirin.

Alhamdulillah, acara yang di antaranya bertujuan mengasah keterampilan dan semangat anak yatim hingga berprestasi ini selesai dan berjalan dengan lancar. “Untuk ke depannya, semoga dapat mencetak generasi yang berpendidikan, Islami, qur’ani dan berbudi pekerti yang luhur.” Ungkap Zainullah selaku panitia acara. (Nd)

Leave a Reply