04
Jun

Gebyar Milad ke-18 Tahun Himmatun Ayat

Khotmil qur’an serentak di seluruh sekretariat cabang Himmatun Ayat dan 16 majlis khotmil qur’an di sekitar sekretariat pusat Himmatun Ayat.

Surabaya- suara bening anak-anak yatim itu terdengar merdu melantunkan ayat-ayat suci Al Quran dan sanggup menenteramkan hati siapapun yang mendengarnya. Sabtu (28/03/2018) khotmil qur’an yang digelar di seluruh sekretariat cabang Himmatun Ayat dan 17 majlis khotmil qur’an di sekretariat Himmatun Ayat Surabaya ini diadakan sebagai ungkapan kebahagiaan dan rasa syukur para santri yatim dan segenap penggurus yatim dalam memperingati Milad ke-18 Yayasan Himmatun Ayat. Acara khotmil Qur’an yang diselenggarakan di 17 Majlis Himmatun Ayat Surabaya tersebut diikuti oleh 15 Huffadz dan 50 yatim binaan dari Himmatun Ayat Wilayah Jawa Timur. Acara dimulai pukul 07.00 WIB di masing-masing majelis dengan pembacaan tawassul kirim doa dilanjutkan dengan khotmil qur’an sampai selesai pukul 14.00 WIB. Selanjutnya setelah masing-masing majlis menyelesaikan khotmil qur’annya seluruh peserta berkumpul di sekretariat Pusat untuk melaksanakan do’a akbar khotmil qur’an dan disertai dengan pemotongan tumpeng dan ramah tamah. Agus Syafi’i,S.Psi selaku ketua panitia mengungkapkan betapa pentingnya pendidikan agama saat ini. Tidak akan pernah terjadi kerusakan moral jika anak-anak diberi pendidikan agama yang tepat. Khotmil qur’an disebutnya, bisa menjadi wadah untuk mendidik anak-anak hingga mampu memahami agama dengan benar sedari dini.

 

Jalan sehat, do’a bersama pilkada damai dan Himmatun Ayat bershalawat
Sekitar 2.000 orang mengikuti jalan sehat dalam rangka Milad Himmatun Ayat ke-18, Ahad (29/04/2018). Humas Himmatun Ayat Arfan Santoso mengatakan, jalan sehat santai itu dilepas oleh Ketua Yayasan Himmatun Ayat Budi Hartoyo, S.Si. Ia mengatakan, jalan sehat itu memasuki hari kedua dari rangkaian kegiatan Milad Himmatun Ayat. Wasis Setiyono selaku korlap jalan sehat menjelaskan, peserta yang turut menyemarakkan jalan sehat ini berasal dari lintas komunitas yang merupakan mitra Himmatun Ayat dari masyarakat sekitar Dukuh Kupang, seluruh dermawan dan donatur beserta keluarganya, utusan berbagai lembaga, hingga kalangan birokrat dari berbagai instansi di wilayah Kelurahan Dukuh Kupang. “Jalan sehat juga dimeriahkan dengan penampilan marching band yatim binaan Himmatun Ayat Pusat yang merupakan salah satu unit kegiatan unggulan Himmatun Ayat Pusat,” kata Wasis dalam keterangannya.

 

Pada tahun ini panitia sengaja mendesain rute kegiatan yang melewati jalan-jalan di sekitar Himmatun Ayat Pusat dengan jarak tempuh kurang lebih tiga kilometer. “Hal ini juga dimaksudkan agar peserta lebih mengenal lingkungan sekitar,” ujar Agus Syafi’i selaku Ketua Panitia. Peserta jalan sehat

finish pada pukul 08.30 WIB dan dilanjutkan dengan pembagian 200 hadiah doorprize dan hadiah utama kipas angin, magic jar, televisi, lemari es, mesin cuci dan sepeda. Di sela-sela pembagian doorprize dan hadiah utama tersebut dilaksanakan do’a bersama Pilkada Damai yang dibawakan oleh Faizal perwakilan dari MTs Plus Himmatun Ayat. Kemudi

an acara dilanjutkan dengan acara Wisuda Akbar Lembaga Formal Yayasan Himmatun Ayat yakni : RA Team Cendekia Waru, RA Kreatif Cendekia Donokerto, RA Team Cendekia Kedung Rukem, RA Team Cendekia Dukuh Kupang dan MTs Plus Himmatun Ayat Surabaya.

Pada acara tersebut juga disampaikan sambutan-sambutan, sambutan pertama disampaikan oleh Budi Hartoyo, S.Si selaku Ketua Yayasan Himmatun Ayat, “ saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur dermawan Himmatun Ayat yang dengan tulus ikhlas membantu untuk mensukseskan acara Milad ke-18 Himmatun Ayat ini, semoga Allah membalas amal kebaikan anda semua dengan rezeki yang berlipat ganda dan dimudahkan segala hajat para donatur semua. Serta terima kasih kepada panitia acara yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara ini meskipun ada kekurangan dan kesalahan yang perlu diperbaiki lagi, ” imbuh beliau. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh H. MA. Kholiq Hamid selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Himmatun Ayat, dalam sambutannya beliau meyampaikan syairnnya yakni, “ ngurusi yatim kudu kang sabar, yen ora sabar pantine buyar. Yatime sedih ora santunan, mbok rondo rugi ora undangan, mugi sabar sedoyo” (mengurus yatim haruslah sabar, kalau tidak sabar pantinya bubar. Yatimnya sedih tidak santunan, ibu janda sedih tidak dapat undangan, semoga sabar semuanya), ungkap beliau.

 

 

Pada malam harinya dilaksanakanlah acara Himmatun Ayat bersholawat dan istighosah

bersama. Acara dimulai pukul 19.00 WIB (ba’da isya’) dengan dimeriahkan penampilan pra acara oleh yatim binan Dukuh Kupang Surabaya, Ibu-ibu janda binaan Dukuh Kupang, Sholawat Al-Banjary dari ponpes putri Da’watul Aytam Wonorejo dan tampilan dari ibu-ibu RW 2 Dukuh Kupang. Selanjutnya acara inti yakni sholawat Nabi bersama Chusna nada dan Al Aqsho dan dilanjutkan dengan istighosah bersama yang dipimpin oleh Gus Bandri dari Ponpes Ponco Gung Driyorejo Gresik, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Yayasan Himmatun Ayat. Setelah itu dilaksanakan santunan simbolis Polsek Dukuh Pakis dan Danramil kepada anak-anak yatim Himmatun Ayat. Selain mengadakan sholawat bersama, rangkaian Milad 18 ini Himmatun Ayat juga mengadakan Bazar UKM Dukuh Kupang dan sekitarnya. Semoga Himmatun Ayat di masa mendatang semakin bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya anak yatim dan anak telantar. Himmatun Ayat… Jayakan Umat…(aldric).