HIMMATUN AYAT BERSHOLAWAT (Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW & Milad Himmatun Ayat)

Nganjuk-Ribuan jamaah majlis dzikir dan sholawat nurusshofi dan syechermania memadati sepanjang jalan Baron dalam rangka Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Milad Himmatun Ayat ke 18. Himmatun Ayat menggelar Sholawat Barsama Al-Habib Syech Bin Muhammad Assegaf Jum’at (13/04/2018) yang dilaksanakan di depan Masjid Al-Azhar Patianrowo Kertosono Nganjuk.

Acara dimulai pukul 19.45 WIB bada shalat Isyak yakni dengan pembacaan Tahlil, Maulid, Ratib dan qasidah yang menggambarkan pribadi mulia sang nabi Muhammad.  Setelah itu seluruh penggurus Himmatun Ayat dan tokoh masyarakat diperkenankan menuju panggung sholawat dengan iringan Sholawat Thola’al Badru. Acara Himmatun Ayat bersholawat tersebut dihadiri Ulama se Kecamatan Kertosono serta Muspika dan Pemerintahan desa Patianrowo . Meski dikemas secara sederhana, antusias generasi muda pecinta sholawat cukup tinggi. Mereka hadir dari berbagai wilayah Kertosono dan sekitarnya.

Tepat pukul 20.15 WIB acara kemudian dilanjutkan dengan Menyanyikan Mars Majlis Sholawat Nurus Shofi dan Hymne Yatim Himmatun Ayat. Selanjutnya pembukaan oleh MC dan Pembacaan tawassul, Ratib dan Maulid yang dipimpin oleh Al Habib Syech Bin Muhammadd Assegaf. kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, yakni dari Kades Patianrowo Ir. Hermalik mengungkapkan rasa syukurnya Patianrowo menjadi bagian dari peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Milad Ke 18 Yayasan Himmatun Ayat ditahun ini yang dilaksanakan bersama majelis Sholawat Nurrushofi. “Desa Patianrowo sebagai wilayah yang menjadi basis majelis Sholawat Nurushofi Jawa Timur,diharapkan melalui momentum majelis sholawat ketentraman dan keberkahan kehidupan di masyarkat terwujud dengan baik,kondusif dan aman dalam bermasyarat, serta dengan hadirnya Himmatun Ayat di Patianrowo ini semoga anak-anak yatim di wilayah kita semakin sejahtera dan terpenuhi segala kebutuhannya, maka dari itu marilah kita bantu anak-anak dengan harta yang kita miliki.”sambut Hermalik, dalam sambutan Peringatan Isra’ Mi’raj dan Milad 18 Himmatun Ayat.

Dalam acara tersebut dilangsungkan Deklarasi pendirian Himmatun Ayat cabang Patianrowo kemudian dilanjutkan dengan santunan anak yatim binaan. Kemudian dilanjutkan Mauidhotul Hasanah oleh H. MA Kholiq Hamid dari Gresik selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Himmatun Ayat, beliau yang menekankan pentingnya generasi muda saat ini cinta sholawat, cinta kepada dzuriyat rasulullah, para habaib dan ulama melalui kecintaannya terhadap majelis dzikir dan sholawat ini. “era teknologi informasi saat ini, banyak kegiatan yang sia-sia dan negatif yang menghinggapi generasi muda saat ini, sehingga prestasi tidak menjadi prioritas diri namun gaya-gaya pergaulan hidup yang tidak sesuai tuntunan islam menjadi hal yang lumrah dan biasa”. Ditambahkannya, lewat sebuah Syiir Jawa beliau berpesan diakhir zaman seperti saat ini yang penuh dengan kegalauan dan kegaduhan ini, menyantuni dan menyayangi anak yatim adalah obat penawarnya. Tegas Ustad Kholiq yang juga pengasuh Pondok Pesantren Yatim Indonesia.

Setelah itu H. MA Kholiq Hamid juga menyampaikan “Saya sampaikan di hadapan habibana dan hadirin, betapa bahagianya kami dalam menempuh jalan dakwah yatim ini kami bisa terus dipertemukan pada dzurriyah rosul, lalu kami lantunkan nasyid
“Ana wakafilul yatim fil Jannah hakadza. Kunuu ma’i abal Qosimi mustofa.”
setelah itu habib pun melemparkan dua sorbannya “ayo isi surban ini dengan harta berhargamu untuk anak yatim insya Alloh akan diganti berlipat ganda oleh Alloh”. Terima kasih Al habib syech bin Muhammad assegaf semoga kita dipertemukan lagi dalam marketing dakwah yatim yang lebih besar.

Setelah menyampaikan mauidhotul hasanah tersebut H. Muhammad Abdul Kholiq Hamid menerima cendera mata dari Al-Habib Syech Bin Muhammad Assegaf. Sebagai penutup Sholawat, tidak pernah terlewatkan sebagai wujud kecintaan terhadap bangsa Indonesia dan membangkitkan jiwa nasionalisme hadirin, dilantunkanya lagu Indonesia Raya yang menjadikan majelis ini tetap mencintai negera Indonesia.

Setelah selesai acara ditutup dengan do’a yang dipimpin langsung oleh Habib Syech Bin Muhammad Assegaf. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemotogan 18 Nasi Tumpeng, jumlah yang 18 ini menjadi simbol bahwa Himmatun Ayat telah berulang tahun ke 18, semoga Himmatun Ayat semakin jayakan umat dan mensejahterakan anak-anak yatim binaannya, ujar Ustadz Ali Fauzi selaku Ketua Wilayah Himmatun Ayat Nganjuk. Ustadz Jamal pemimpin Majelis Dzikir dan Sholawat Nurrushofi jawa Timur berharap melalui Majelis Ini semakin banyak masyarakat yang cinta sholawat dan terbentuk pribadi dan generasi cinta Nabi serta mampu meneladani apa yang beliau ajarkan kepada umatnya,menjauhkan dari kegiatan yang tidak mencerminkan al quran dan hadits.

Pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi dan Sholawat berlangsung dengan tertib dan lancar, pengamanan dan kerjasama antar Banom Banser dan Ansor Kertosono terjalin secara baik. “Sudah menjadi kewajiban dan tugas kami (banser dan Ansor), menjaga dan mengamankan setiap kegiatan dalam menjaga Ahlussunah Wal Jamaah seperti majelis sholawat ini agar berjalan dengan aman dan lancar” pungkas Moch Muchsin selaku Ketua Ansor Kertosono saat ditemui Bilyatimi di lokasi acara.

Leave a Reply