Gapai Kebahagiaan Sebelum Tidur

Oleh: Hamdani, M.A  Dosen IAI (Institut Agama Islam) Ngawi, Ketua Himmatun Ayat Cabang Ngawi

Tidur atau istirahat dari aktivitas sehari-hari adalah sebuah amal ibadah kepada Allah SWT. Orang yang sedang tidur akan terhindari dari perbuatan dosa dan maksiat dan akan menghilangkan khayalan hidup. Tidur juga bisa menyehatkan fisik dan spiritual, paling tidak orang yang tidur akan mendapatkan banyak manfaat yaitu menyehatkan jantung, mencegah kanker, mengurangi stress dan lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan kebahagian sebelum tidur, maka Anda perlu melakukan tiga hal yang disunahkan oleh Rasulullah SAW.

1.Membaca istiqfar sebelum tidur. Pada suatu malam, Rasulullah Saw mendatangi rumah Fatimah,  seketika Fatimah terkejut dengan kedatangan baginda Nabi SAW. “ Rasulullah lalu berkata “ wahai Fatimah. Janganlah engkau tidur sebelum engkap melakukan empat hal, membaca Qulwadiain, Membaca shalawat atas nabi, Membaca istiqfar kepada umat muslim serta melakukan umrah.(hadist Muttaqun alaih).

Apa yang disampaikan Rasulullah kepada Fatimah merupakan anjuran Nabi Saw bagi kita umat islam untuk beristiqfar dan saling mendoakan sebelum tidur. Karena istiqfar hati kita akan bersih dan para malaikat akan mendampingi kita ketika kita dalam keadaan terlelap. Banyak di antara sebagian umat islam sudah terbiasa membaca doa sebelum tidur, namun belum terbiasa membaca istiqfar sebelum tidur. Ternyata istiqfar sebelum tidur besar manfaatnya, diantaranya Allah dan para malaikatnya ridha akan diri kita, Allah juga mengampuni dosa kita yang kita perbuat sepanjang hari. Lalu untuk apa kebahagian yang akan kita peroleh?, ternyata agar ketika kita tidur tidak membawa masalah, membawa kebencian dan kejengkelan sesame muslim dan usahakan masalah dunia diselesaikan sebelum tidur. Tidur juga akan mengembalikan kekebalan tubuh kita dan memperbaiki sel-sel yang rusak, karena itu jika tidur kita membawa masalah, maka sel-sel yang rusak tidak bias kembali baik.

Dalam sebuah riwayat diceritakan abu said Al-Khudri Nabi SAW bersabda” barang siapa mengucapkan istiqfar sebanyak tiga kali pada saat ke tempat tidur atau saat mau tidur, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya,”

Sumber kebahagian

Kenapa manusia harus beristiqfar sebelum tidur. Banyak pakar agama menyatakan bahwa tidur adalah mati kecil, sebab saat tidur ruh terpisah dengan raga atau badan. Terkadang dalam tidur kita bermimpi dan berkhayal, entah mimpi itu benar adanya atau mimpi sebagai bunga tidur. Dalam Al-quran dijelaskan bahwa “ Allahlah yang mengendalikan jiwa / orang ketika matinya, dan mengendalikan jiwa yang belum mati pada saat tidurnya” (Azzumar 42).

Apa yang dijelaskan Al-quran merupakan gambaran nyata bahwa jiwa yang saleh, jiwa yang sehat dan jiwa yang bahagia adalah dikendalikan oleh Allah baik semasa hidup maupun setelah mati. Oleh karena itu, perbanyaknya istiqfar sebelum tidur, karena istiqfar akan menghapus dosa kita. Selain istiqfar tentunya Rasulullah SAW juga menganjurkan kepada kita untuk membaca Qulhulidain”. Karena pahala qulhu sama dengan besarnya menghatamkan Al-quran. Maka barang siapa yang menghatamkan Al-qu’ran, kemudian kita meninggal dunia maka Allah mengampuna dosa kita. Begitu juga dengan pahala membaca shalawat sebelum tidur, Nabi SAW juga bersabda, “barang siapa yang menjumpai aku di alam tidurnya maka ia bagaikan menjumpai aku dalam keadaan terjaga. Ketahuilah bahwa setan tidak akan bias menjumpaik” (HR. AL-bukhari).”

Leave a Reply