Renovasi Musholla Yayasan Himmatun Ayat Wonosalam

Jombang- Musholla memiliki fungsi dan peran yang dominan dalam kehidupan umat Islam, beberapa di antaranya adalah: 1. Sebagai tempat beribadah. Sesuai dengan namanya Masjid atau adalah tempat sujud, maka fungsi utamanya adalah sebagai tempat ibadah shalat. Sebagaimana diketahui bahwa makna ibadah di dalam Islam adalah luas menyangkut segala aktivitas kehidupan yang ditujukan untuk memperoleh ridla Allah, maka fungsi Masjid atau musholla disamping sebagai tempat shalat juga sebagai tempat beribadah secara luas sesuai dengan ajaran Islam.
2. Sebagai tempat menuntut ilmu. Masjid atau musholla berfungsi sebagai tempat untuk belajar mengajar, khususnya ilmu agama yang merupakan fardlu ‘ain bagi umat Islam. Disamping itu juga ilmu-ilmu lain, baik ilmu alam, sosial, humaniora, keterampilan dan lain sebagainya dapat diajarkan di Masjid.

Saat itu telah terjadi berbagai kerusakan fisik bangunan musholla Himmatun Ayat Wonosalam karena efek atau dampak dari gempa beberapa waktu yang lalu sedangkan letak geografis wonosalam yang berada di perbukitan dan posisi musholla yang dibanggun di atas tanah yang miring. Maka perlu kiranya dilakukan renovasi, karena dibeberapa bagian mengami retak, kondisi dinding papan banyak yang jebol,kebocoran jika musim penghujan, pada saat bulan suci ramadhan untuk sholat taraweh sudah tidak mampu lagi menampung jamaah santri yatim, dengan jumlah santri yatim binaan sebanyak 15 anak yang asrama di ponpes Himmatun Ayat Wonosalam dan beberapa santri non asrama. Kondisi ini mengakibatkan pelaksanaan ibadah menjadi kurang khusuk dan kurang nyaman.

Realitas kondisi seperti inilah yang memunculkan sebuah keinginan untuk meningkatkan sarana dan prasarana musholla sehingga mampu untuk menjalani fungsinya sebagai tempat ibadah sekaligus sebagai tempat pembinaan akhlak umat.Mushola yang lebih representatif, secara langsung atau tidak langsung akan lebih mudah menjalankan fungsinya, kondisi inilah yang mengilhami Ustad Qoyyum selaku ketua cabang Himmatun Ayat Wonosalam untuk berusaha menyediakan tempat ibadah yang lebih nyaman dan mampu untuk melakukan pembinaan terhadap anak-anak yatim binaan, dan pada tanggal 19 Februari 2018 sampai bulan Maret 2018 dilakukanlah proses renovasi musholla Himmatun Ayat Wonosalam. Didalam Al-Qur’anul karim surat At-Taubat ayat 18 Allah SWT sampaikan “

bahwa hanya orang – orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir yang akan memakmurkan masjid-masjidnya Allah. Rasulullah SAW bersabda barang siapa yang membangun masjid maka Allah SWT akan membangunkan rumah di surga”.

” Alhamdulillah berkat donasi dari para donatur dan dermawan Yayasan Himmatun Ayat anak-anak yatim Himmatun Ayat Wonosalam bisa kembali melakukan kegiatan belajar dan mengajar Al-Qur’an di musholla”, tutur Ustad Qoyyum.

Leave a Reply