Buah Dari Perjuangan dan Pengorbanan

“Alhamdulilah dapat juara satu”, salah satu anak binaan Himmatun Ayat cabang Donokerto yang bernama Susilo Wicaksono Ar Ridha dengan nama panggilan Ridho, telah meraih juara satu dalam lomba mewarnai antar TK sekecamatan Simokerto Surabaya, yang diselenggaran oleh Dinas pendidikan kota Surabaya di Kebun Binatang Surabaya, pada tanggal 10 Maret 2018, dalam rangka memperingati hari anak nasional.

Mewakili TK Kreatif Cendekia, salah satu sekolah TK binaan Yayasan Himmatun Ayat cabang Donokerto yang berdomisili di Jl Donokerto V/18 A Surabaya, Ridho telah berhasil membuktikan dirinya dalam kemampuannya untuk mewarnai, dengan berhasil meraih juara satu. Setelah perjalanan panjang dari keinginan kuat Ridho untuk selalu mengikuti lomba mewarnai, dan selalu mengalami kekalahan, tetapi kondisi tersebut tidak membuat Ridho menyerah, karena memang Ridho pada dasarnya selalu mempunyai dorongan keinginan kuat untuk bisa memenangkan sebuah lomba, dan pada akhirnya perjuangan dan penantian itu telah terbayar.

Pada dasarnya kemenangan Ridho pada lomba tersebut adalah manifestasi dari tekad dan keinginannya yang mendapatkan dukungan orang tuanya dalam berproses secara konsisten.Apa yang nampak dari kemampuan Ridho dalam mewarnai adalah hasil dari Ridho berproses untuk mengikuti les menggambar dan mewarnai dibalai pemuda Surabaya setiap hari Jumat dan Minggu, yang diselenggarakan secara gratis oleh pemerintah kota Surabaya. Peran dukungan ibu Ridho untuk selalu memfasilitasi keinginan Ridho dengan sabar untuk mengantar Ridho les dan membelikan semua peralatan menggambar, mewarnai yang diperlukan menjadi faktor utama dari kesuksesan Ridho dalam meraih kemenangan tersebut.Dan itu semua sejatinya wujud nyata dari dari kasih sayang orang tua pada anaknya yang telah berjuang dan berkorban untuk satu hal dalam kegiatan yang positif pada anaknya.

Kemenangan yang diraih Ridho sangatlah berarti bagi dirinya saat ini dan masa depan, karena moment tersebut telah membangun Self Efficacy, dimana adanya keyakinan akan kemampuan pada dirinya, dan hal tersebut sangatlah penting pada perkembangan Psikologisnya dalam membangun Self Esteem dan Self Consept, dua hal ini bagian dari inti sari kepribadian dari individu, yang menjadi faktor pembeda potensi setiap individu. Artinya kemenangan Ridho saat itu adalah bagian penting manifestasi pembentukan sikap dan mental yang positif pada Ridho dalam membangun masa depannya kelak. Oleh karena itu moment tersebut bukanlah moment yang sederhana hanya sekedar juara dari lomba mewarnai antar TK sekecamatan Simokerto Surabaya, tetapi lebih dari itu. Semoga prestasi yang didapatkan oleh Ridho memberikan pelajaran bagi setiap orang tua, bahwa seharusnya setiap anak diperjuangkan dalam minat dan bakatnya, sehingga anak kaya akan arti dan makna dalam hidupnya, sehingga psikologis anak berkembang menjadi sehat, dalam harga diri, kepercayaan diri, konsep diri yang ideal, dan itulah potensial anak dimasa depan. (fatih)

Leave a Reply