SEJATIM (Serikat Janda Yatim) Himmatun Ayat

Gerimis semalam tersapu oleh hangatnya mentari pagi. Angin yang dingin berubah hangat dan berhembus. Matahari telah menampakkan wajahnya,cerah berseri menyambut hari ini yang penuh dengan keberkahan. Ahad,18 Februari 2018 Himmatun Ayat menyelenggarakan program khusus untuk ibu-ibu janda dan anak yatim. Program ini telah lama berjalan dan alhamdulilah sampai saat ini tetap berjalan dan selalu mendapatkan keberkahan serta berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan.

SEJATIM (Serikat Janda Yatim) itulah kepanjangannya. Dilihat dari kepanjangannya makna dari SEJATIM sudah bisa diartikan sebagai program yang pure fokus untuk menyejahterakan ibu-ibu janda dan yatim. Program yang diadakan setiap 3 bulan sekali ini dan alhamdulilah istiqomah. Program ini selalu mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar.

Dengan semangat dan rasa syukur yang tinggi ibu-ibu janda berbondong-bondong hadir di acara ini. Kali ini acara SEJATIM diadakan di Himmatun Ayat cabang Kedung Rukem bertempatan di gedung serbaguna kelurahan Kedung Doro, kec. Tegalsari Surabaya. Acara SEJATIM ini dihadiri ibu-ibu janda se-Himmatun Ayat yang ada di wilayah Surabaya,ada lima cabang Himmatun Ayat yang ada di Surabaya,Dukuh Kupang (pusat),Kedung Rukem, Wonorejo, Petemon, dan Donokerto.

Ada 250 lebih jumlah ibu-ibu janda yang memenuhi ruangan, dengan memakai seragam SEJATIM dominan warna pink yang membuat acara ini semakin berkesan, acara ini juga dihadiri sejajar perangkat desa RW, RT, pihak kelurahan, serta dari pihak puskesmas yang memberikan sosialisasi serta penyuluhan tentang ”pentingnya kesehatan”.

Dari pihak Yayasan Himmatun Ayat sendiri hadir sederetan pengurus yakni bapak dewan pendiri H. MA. Kholiq Hamid, ketua yayasan Budi Hartoyo,S. Si, Bendahara Sugeng Widodo, serta ketua cabang Yayasan Himmatun Ayat se Surabaya.

Nur Kholifa selaku pembawa acara di acara SEJATIM ini telah merangkai acara demi acara yang menjadi berkesan. acara yang dimulai pukul 08. 05 dengan menjamu para tamu, dibuka dengan penampilan team hadrah ibu-ibu janda dari (Dukuh Kupang), dilanjutkan dengan penampilan ibu janda dari cabang (Kedung Rukem), dari MTs dan juga TK Team Cendekia Himmatun Ayat ikut menampilkan kebolehannya dalam pra acara tersebut.

Acarapun dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ust. Zaenal Abidin selaku pengasuh pondok putra (Segmentasi) Yayasan Himmatun Ayat cabang Kedung Rukem. Selanjutnya sambutan dari Dewan Pendiri, sambutan dari ketua Yayasan, dan tidak lupa perwakilan dari kelurahan Kedongdoro juga turut memberikan sambutannya. Usai sambutan, dari pihak puskesmas setempat langsung memberikan sosialisasi serta penyuluhan. Beberapa menit kemudian, seusai penyuluhan, dilanjut dengan ceramah Agama yang disampaikan oleh Hj. Nuril Jannah dengan kajian “Pentingnya Menjalin Silaturahmi sesama saudara,” sangat antusias sekali dengan khusyuknya.

Nah, sampailah di penghujung acara yakni santunan yang ditujukkan kepada ibu-ibu janda, setelah acara ditutup dengan do’a ibu-ibu janda di data ketua cabang masing-masing untuk mendapatkan santunan. Selain itu digelar bazar yang menjual produk-produk untuk dipasarkan di acara tersebut. 

Alhamdulilah acarapun selesai, selain silaturahmi jalinan erat persaudaraan pun dapat terjalin dengan baik dan yang pasti acara SEJATIM ini sangat bermanfaat dan penuh dengan keberkahan. Banyak sekali hikmah yang bisa dipetik di acara ini, semoga kedepannya Yayasan Himmatun Ayat selalu memberikan wadah dan tempat untuk menyejahterakan ibu-ibu janda dan anak yatim, yang selalu berupaya berkembang serta menyampaikan dakwah supaya sesuai dengan apa yang diharapkan yang sudah menjadi tujuan bersama. (AsriChusnul)

Leave a Reply