Hormati yang Tua, Rejeki Lebih Mudah

Oleh: Hamdani, M.A
Dosen IAI (Institut Agama Islam) Ngawi, Ketua Himmatun Ayat Cabang Ngawi

Islam mengajarkan kepada umatnya untuk bersikap terbaik terhadap semua mahluk, salah satunya sikap menghormati orang yang lebih tua, menyayangi orang yang lebih muda, lebih utamanya menghormati kedua orang tua. Sikap tersebut harus ditunjukan dengan penghormatan dan penghargaan dengan cara mendoakan mereka dan memberikan hadiah terbaik. Orang yang sudah tua, tidak dapat lagi bernalar dengan baik, pikirannya mulai berkurang, tenaganya mulai lemah, perasaan dan pendengarannya mulai berkurang. Karena itu, hormati orang yang sudah tua di lingkungan kita adalah sikap terbaik yang dianjurkan Islam.

Abu Mansur Al-Makturidi, seorang ulama sufi dan berteologi Ahlun sunnah menceritakan, ketika ia menghadap gurunya yang sedang sakit dia usia 80 tahun, maka Abu Mansur diperintahkah oleh gurunya untuk mencari seorang budak yang umurnya sama 80 tahun yang belum di merdekakan. Abu Mansurpun pergi dan mencarinya untuk membeli budak yang dimaksud. Namun berhari-hari pencariannya belum berhasil, hingga akhirnya Abu Mansur bertemu dengan seorang yang lebih tua darinya dan berkata. “bagaimana engkau menemukan budak berumur 80 tahun dan statusnya masih budak dan belum dimerdekakan?

Abu Mansurpun kembali kepada gurunya dan memberi tahu perkataan orang yang ditemuinya. Tatkala mendengar perkataan itu, gurunya meletakan kepalanya di atas tanah dan bermunajat kepada Allah. “tuhanku, sesungguhnya mahluk tidak dapat menanggung orang-orang yang lanjut usia, karena itu mereka tidak membiarkannya dalam status budak ketika mencapai 80 tahun, bahkan memerdekakannya. Aku telah mencapai umur itu, bagaimana engkau tidak memerdekakanku dari nereka, padahal engkau Allah maha mulia.

Pemurah, pengampun dan penerima syukur. Kemudian Allah memerdekakan guru Abu Mansur dari nereka karena munajatnya yang baik. Kisah tersebut menunjukan kepada kita bahwa memperlakukan orang yang tua dengan baik adalah sikap tawaddu dan kasih sayang kepada semua mahluk Allah dan Allah akan membalas dengan kasih sayang yang melimpah termasuk dijauhkan dari api neraka.
Rasulullah bersabda, “Jibril memerintahkan aku untuk mengutamakan orang-orang tua” hadist ini menjelaskan bahwa islam mengutamakan orang yang lebih tua dari sisi usia, baik untuk pelaksanaan shalat, atau perilaku lainnya. Karena, usia tua menunjukkan kebijaksanaan dan kelebihan pengalaman hidup dan segi ilmu, sehingga menghormati yang lebih tua adalah kewajiban.

Memperlancar rejeki
Apa hubungannya menghomarti orang yang lebih tua rejeki menjadi lancar? Hal ini karena keridhaan Allah tergantung dengan sikap dan kasih sayang kita sesama manusia, terutama orang tua dan orang yang dianggap dituakan semisal guru atau saudara. Sikap kasih sayang dan menghormati sesama muslim seperti orang tua akan mendapatkan limpahan rahmat dan kasih sayang Allah. Perlakukan orang tua kita seperti raja bahkan kalau bisa orang tua harus kita perhatikan segala kebutuhannya seperti kebutuhan hidup, kebutuhan spiritual dan lainnya. Karena doa orang tua akan menjadi wasilah dalam memperlancar rejeki dari Allah SWT yang kita terima. Orang tua kaya akan pengalaman hidup, kaya akan risalah selalu bertindak bijaksana dalam segala hal, sehingga perlu meniru dan memperhatikan apa yang telah diucapkan. Kendati demikian orang tua juga punya kesalahan dan dosa, tetapi dosa yang mereka lakukan adalah semata-mata karena ketidak mampuannya.

Hal ini ditegaskan dalam sebuah hadist Nabi SAW, “ Aku bertanya kepada Nabi SAW tentang amal-amal yang paling utama dan paling dicintai Allah SWT, nabipun menjawab, shalat di awal waktu, mencintai orang tua dan berjihad di jalan Allah SWT. (Hr Muslim). Dari keterangan hadist tersebut bisa kita pelajari bahwa mencintai orang tua atau menghomati orang yang lebih tua dalah termasuk amalan atau perbuatan baik yang dicintai Allah. Ketika kasih sayang Allah sudah kita dapat, maka kita akan menjadi kekasih Allah. Di samping menghormati orang tua, juga kita dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, perbanyak sedekah dan memperbanyak istighfar dan shalawat kepada Nabi SAW agar kita dilancar rejeki oleh Allah SWT.****

Leave a Reply