Serunya KTS Murid SD Islam Himmatun Ayat Usai Ujian Tengah Semester

Ujian tengah semester (UTS) telah berlalu, untuk menghilangkan penat dan menghibur siswa, SD Islam Himmatun Ayat mengadakan Kegiatan Tengah Semester (KTS). Kegiatan tengah semester ini diikuti oleh siswa kelas 1-4 SD yang berjumlah 69 anak. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk LDKS yang diselenggarakan di Alas Prambon Sidoarjo pada hari Minggu 10 Desember 2017.

Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mereka dihimbau untuk berkumpul di sekolah pada pukul 06.30 WIB dengan membawa peralatan yang telah di instruksikan. Setelah seluruh siswa tiba di sekolah, mereka diberi bekal berupa kue dan minuman gratis dari donatur, hal ini tentunya membuat siswa semakin bersemangat, mereka berlarian menuju ke dalam bis, karna tidak sabar untuk segera melakukan fun learning di Alas Prambon Sidoarjo. Perjalanan menuju tempat lokasi sangat menyenangkan, para siswa bernyanyi dan juga saling berbagi makanan dengan temannya.

Rombongan tiba di lokasi pada pukul 08.00 WIB. Kehadiran mereka langsung disambut dengan kereta kelinci yang telah disediakan panitia, mereka mengelilingi kampung dengan kereta kelinci sebelum nantinya sampai di lokasi. Setelah tiba anak-anak diajak berfoto dahulu di teras Alas Prambon yang di design sangat indah.

Acara dibuka dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Fitri, siswi kelas 4 SDI Himmatun Ayat. setelah itu mereka diajak senam dan beberapa games menarik untuk menambah semangat para siswa.

Kegiatan pertama yang dilakukan disana adalah belajar menanam bibit cabe dan melihat proses perawatan berbagai burung, hal ini menjadi hal yang baru bagi mereka. Anak-anak dihimbau agar tidak jijik, mereka harus memahami bahwa sebelum cabe itu dijadikan kudapan ada jasa petani yang telah merawatnya dengan baik. Setelah itu para siwa melihat cara perawatan burung, diantaranya burung hantu yang masih bayi. Burung hantu akan berubah warna menjadi coklat tua seiring bertambahnya umur mereka.

Setelah anak-anak puas melihat berbagai macam burung, anak-anak diajak memberi makan sapi, ada sebagian yang takut, karena ini merupakan pengalaman yang baru bagi siswa.

Setelah mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan alam, mereka berlanjut kegiatan uji ketangkasan, mulai dari flying fox, spider web, merangkak dan berbagai macam permainan jaring dan terakhir ditutup dengan kegiatan permainan lumpur. Baju dan wajah anak-anak pun belepotan dengan lumpur, sebagian siswa nyeletuk memberi komentar “Berani kotor itu baik kan Bu… kayak sponsor Rinso” spontan mereka tertawa semua.

Setelah banyaknya rentetan kegiatan, anak-anak diperbolehkan untuk berenang, yaa… ini adalah yang paling dinanti oleh mereka, mereka bermain air, ada yang beradu lomba renang, ada yang masih belajar renang. Tawa canda mereka riuh mengisi arena kolam renang.

Sesudah berenang, anak-anak dihimbau untuk segera ganti baju karena mereka akan makan bersama dengan makanan yang telah di sediakan panitia, mereka sangat lahap menyantap makanan tersebut, maklum yah…. kan capek, habis melakukan banyak kegiatan, hihihi…

Para siswa mengecek kembali barang pribadinya sebelum melanjutkan perjalanan pulang, di akhir acara, panitia mempersilahkan para guru untuk menutup kegiatan ini dengan doa. Dan sedikit sambutan dari bu laila, selaku wali kelas 2, dalam sambutannya bu laila menyampaikan “ agar anak-anak ikut berpartisipasi menjaga dan merawat alam sekitar dengan baik. jangan bersedih dan berkecil hati kalau kalian tidak liburan, karena sekolah kalian sudah mengajak kalian untuk berlibur “ maka anak-anak pun serentak mengucap “ALHAMDULILLAH”

Mereka diantar ke bus dengan menaiki kereta kelinci kembali, dan di bus rupanya mereka sangat kelelahan dan anak-anak tertidur pulas.

Rombongan tiba di sekolah pada pukul 15.30 WIB, dan lagsung pulang ke rumah mereka masing-masing. (Yunita)

Leave a Reply