Rakernas Himmatun Ayat Indonesia Tahun 2018

“……Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah, mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu, dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan…..”. (QS. Al Baqarah, 2:220)

Demikian adalah petunjuk Allah kepada umat Islam agar mengurus urusan anak yatim secara patut adalah baik, dan jika kita bergaul dengan anak-anak yatim maka mereka adalah saudara kita. Berbagai jenis urusan atau kebutuhan anak-anak yatim tersebut yang harus kita urus secara patut yakni, pendidikannya, sandang, pangan dan tempat berteduh yang layak bagi mereka serta bersikap adil terhadap segala sesuatunya. Melalui inspirasi ayat-ayat yatim tersebut sudah selayaknya kita berlomba-lomba dalam mengurus urusan anak yatim secara patut dan baik, maka dari itu Himmatun Ayat sebagai sebuah organisasi dakwah sosial, yang mengurus segala urusan tentang anak yatim, melaksanakan Rapat Kerja Nasional yang dilaksanakan ada hari Sabtu-Minggu tanggal 13-14 Januari 2018 bertempat di Home Stay Ar-Risalah dan Sekretariat Himmatun Ayat Cabang Wonosalam Dsn. Pengajaran Desa Galeng Dowo Kec. Wonosalam Jombang.

Setelah pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di wilayah/kabupaten masing-masing, maka hasil rapat kerja daerah tersebut disampaikan dalam rapat kerja nasional sehingga lebih terkonsep sesuai tujuan program-program tahun 2018. Rapat Kerja Nasional 2018 guna melaporkan kinerja serta mempertanggung jawabkan amanah kepada umat dan perencanaan terhadap segala bentuk perkembangan yang terjadi. Dengan rapat kerja ini diharapkan dapat menciptakan sinergitas kerja yang lebih baik sehingga setiap sekretariat cabang pembinaan mampu memberikan yang terbaik untuk umat, khususnya anak yatim dan anak telantar. Rakernas 2018 Himmatun Ayat di Wonosalam Jombang yang dilaksanakan kali ini sangat berbeda dengan raker raker sebelumnya. Karena mengusung konsep kesederhanaan, kekeluargaan, sangat bersemangat, semua pengurus hadir baik dari pusat maupun daerah-daerah, tempatnya sejuk dan asri, sehingga menambah semangat dan keyakinan pengurus untuk bekerja lebih semangat lagi di tahun 2018.

Rapat Kerja Nasional Yayasan Himmatun Ayat Indonesia 2018 dihadiri oleh dewan Pembina, dewan pengawas, pengurus pusat, ketua departemen serta seluruh ketua cabang Yayasan Himmatun Ayat Indonesia. Total ada 34 cabang sekretariat yang hadir di Rakernas kali ini. Pukul 10.30 WIB Rakernas dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Himmatun Ayat, dilanjutkan sambutan ketua panitia oleh M. Nur Kholiq, S.Pd.I yang menjelaskan tujuan rakernas adalah pelaporan segala perkembangan yang ada secara utuh melalui LPJ dari setiap sekretariat wilayah pembinaan dan departemen memberikan evaluasi hasil kinerja tahun 2017 serta perumusan program tahun 2018. Selain itu juga mensinergikan langkah menuju pelayanan terbaik untuk anak-anak yatim dan anak telantar.

Selanjutnya adalah sambutan oleh ketua Yayasan Himmatun Ayat Budi Hartoyo, S.Si. Beliau menyampaikan ucapan rasa syukur dan terima kasih kepada Ustad Qoyyum selaku Ketua Cabang Himmatun Ayat wonosalam dan panitia Rakernas 2018 yang telah memberikan fasilitas dan tempat sehingga Rakernas 2018 ini terlaksana dengan baik. Terima kasih juga kepada sesepuh, pembina, pengurus Himmatun Ayat. Terima kasih kepada segenap pengurus cabang, da’i dan dewan guru dari segenep pelosok daerah. “Saudara-saudara adalah garda terdepan dalam memberikan pelayanan terutama kepada anak yatim dan telantar, luruskan niat dan jaga semangat…. semangat hijau…. “Ekonomi, sosial dan lingkungan adalah 3 isu global yang sekaligus menjadi tantangan Himmatun Ayat ke depan, dengan kerja keras dan kerja cerdas Insya Allah Himmatun Ayat akan mampu menjawab tantangan zaman” ujar ketua Yayasan Himmatun Ayat.

Sambutan selanjutnya dari ketua dewan Pembina Yayasan Himmatun Ayat KH. MA. Kholiq Hamid. Beliau menyampaikan terima kasih kepada para Kyai dan bu Nyai yang hadir dalam Rakernas 2018, Alhamdulillah 3 kali Yayasan Himmatun Ayat diberikan fasilitas untuk melaksanakan rakernas di tempat ini. “Beliau berharap Yayasan Himmatun Ayat yang semakin besar ini, seharusnya ada Diklat atau latihan dasar kepemimpinan untuk para pengurus dan para relawan yang bertujuan agar sistem management Yayasan bisa semakin baik, berkualitas dan bermanfaat. Hingga nantinya mampu mencetak generasi yatim yang mandiri dan berprestasi.

Sesi pertama adalah penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban Departeman Program, Operasional dan Keuangan dan dilanjutkan cabang-cabang Himmatun Ayat yang dilaksanakan pada hari sabtu, 13 Januari 2018. Masing-masing ketua wilayah melaporkan pertanggungjawaban cabang yang dipimpinnya yaitu tentang kondisi obyektif (kondisi sekretariat, jumlah SDM, dan jumlah anak yatim), realisasi program kerja 2017 yaitu kegiatan yang sudah dilakukan baik sifatnya rutin maupun kondisional seperti pengadaan event-event khusus. Prestasi baik akademis maupun prestasi khusus, hambatan-hambatan yaitu penyebab tidak terrealisasinya program-program yang telah direncanakan di tahun 2017.

Kemudian laporan keuangan baik pemasukan dan pengeluaran yang berupa uang maupun barang selama setahun serta proyeksi di tahun 2018 (prioritas program) yaitu rencana program kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2018. Setelah penyampaian LPJ kemudian dilanjutkan saran dan evaluasi dari dewan pembina dan pengurus pusat yayasan Himmatun Ayat. Diharapkan dengan adanya evaluasi dari Dewan Pembina Yayasan dapat memberikan peningkatan kinerja bagi semua petugas sosial di Yayasan Himmatun Ayat. Untuk laporan pertanggungjawaban dari masing-masing wilayah dan departemen ini berakhir pada pukul 21.00 WIB.

Sesi kedua yakni sidang komisi I yang membahas sistem panduan keorganisasian yayasan Himmatun Ayat dan sidang komisi II yang membahas rencana penyusunan program tahun 2018, oleh masing-masing ketua wilayah dan ketua departemen. Penyusunan ini tak lepas dari 3 pilar yaitu program yang dihasilkan (out put) produk yang berkualitas, operasional yang memperbaiki internal organisasi serta pelayanan kepada anak yatim dan donatur yang berstandar, serta pendanaan dengan pengembangan ZISWA yang optimal dan akuntabilitas keuangan serta transparansi penggunaannya. Sidang Komisi ini ditutup hingga jam 23.00 WIB.

Sesi kedua dengan agenda sidang pleno dilaksanakan hari Minggu, 14 Januari 2018 pada pukul 09.00 WIB dan tepat pukul 11.00 WIB agenda sidang pleno berakhir, maka berakhir pula kegiatan Rakernas Yayasan Himmatun Ayat 2018, mudah-mudahan dari pelaksanaan rakernas kali ini, mampu meningkatkan kinerja pelayanan yang optimal dalam dakwah untuk anak yatim dan telantar, “Salam HIJAU…..” . (Arfan)

Leave a Reply