Rakerda Himmatun Ayat Tahun 2017

Wilayah Surabaya

Dalam rangka meningkatkan kwalitas kerja, sinergitas dan pelayanan terhadap anak yatim dan telantar, Yayasan Himmatun Ayat Indonesia mengadakan Rapat Kerja Nasional 2017 yang diadakan di bulan Januari setiap tahunnya. Untuk menunjang persiapan hal tersebut, masing-masing wilayah terlebih dahulu mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di wilayah/kabupaten masing-masing, sehingga dari hasil rapat kerja daerah nantinya bisa disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional agar lebih terkonsep tujuan program-program yang akan datang. Sabtu, (16/12/2017) Rakerda Wilayah Surabaya dilaksanakan di Sekretariat Pusat  Himmatun Ayat lantai 2 tepatnya di jalan Dukuh Kupang XX No. 40 Surabaya. Rakerda wilayah surabaya kali ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Himmatun Ayat, ketua cabang, ketua departemen/ divisi, Kepala Sekolah RA team Cendekia, Kepala Sekolah SDI Himmatun Ayat dan Kepala Sekolah MTs Plus Himmatun Ayat.

Pukul 07.30 WIB Rakerda dimulai dengan pembukaan dan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Yayasan Himmatun Ayat Budi Hartoyo, S.Si yang menyampaikankan bahwa setiap tugas dakwah yang diamanahkan kepada masing-masing da’i Himmatun Ayat wajib dipertanggungjawabkan secara struktural kepada pengurus Yayasan dan umat Islam pada umumnya, dan disambung dengan pandangan umum dari beliau tentang wacana bahwa tahun 2018 visi misi Himmatun Ayat tidak hanya sebatas pelayanan nasional dan regional, tapi saatnya masuk ke pelayanan global, ungkap beliau.

Sesuai jadwal Rakerda sesi pertama adalah laporan pertanggungjawaban dari masing-masing kepala sekolah dan Pesantren Segmentasi, ketua cabang dan ketua departemen Yayasan Himmatun Ayat. Yang kemudian dilanjutkan kritik, saran dan evaluasi dari semua peserta Rakerda termasuk para pengurus pusat Yayasan Himmatun Ayat. Diharapkan dengan adanya evaluasi dari semua peserta Rakerda ini dapat memberikan peningkatan kerja dan sinergitas bagi semua pelaksana tugas di wilayah Surabaya. Sesi kedua adalah rencana penyusunan program tahun 2018, oleh masing-masing ketua cabang dan ketua departemen. Penyusunan ini tak lepas dari tiga pilar departemen yaitu program yang menghasilkan (out put) produk yang berkualitas, operasional yang memperbaiki internal organisasi serta pelayanan kepada anak yatim dan donatur yang berstandart, serta pendanaan dengan pengembangan ZISWAH (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf dan Hibah Produktif) yang optimal dan akuntabilitas keuangan serta transparansi penggunaannya.

Wilayah Jawa Barat (Bandung dan Jakarta)

Rabu , (14/12/2017) adalah pelaksanaan Rakerda wilayah Jawa Barat yang dihadiri 3 ketua cabang dan Kepala Sekekolah RA. Team Cendekia Jakarta yang dilaksanakan di Himmatun Ayat Bandung yang terletak di jalan Pandanwangi No. 18 RT. 07 RW. 14 Cinunuk Kec. Cileunyi Bandung.  Masing-masing ketua cabang membacakan laporan pertanggungjawaban cabang yang dipimpinnya selama periode 2017 yaitu tentang kondisi obyektif ( kondisi sekretariat, jumlah SDM, dan jumlah santri yatim), realisasi program kerja 2017 yaitu kegiatan yang sudah dilakukan baik sifatnya rutin maupun kondisional seperti pengadaan event-event khusus. Untuk perencanaan program proyeksi tahun 2018 yakni pembangunan Pesantren Yatim yang berlokasi di jalan Menjangan Raya RT 001 RW 003 Pondok Ranji Ciputat Tangerang.

Wilayah Jombang, Nganjuk dan Kediri

Kamis, (21/12/2017) rapat kerja daerah wilayah Jombang, Nganjuk dan Kediri dilaksanakan di Himmatun Ayat Cabang Banyakan Kediri yang terletak di dusun Kamal desa banyakan Kediri. Dipilihnya lokasi tersebut karena letaknya berada di jalan Raya Jombang, Nganjuk, dan Kediri yang mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Rakerda kali ini diikuti 8 sekretariat cabang. Tepat pukul 09.00 WIB agenda rakerda dimulai dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban dari masing-masing ketua cabang yang mereka pimpin sepanjang tahun 2017, kondisi objektif dan letak geografis dari masing-masing cabang dilaporkan dengan mendetail, plus minus dari masing-masing tempat dan kondisi masyarakat sangat mempengaruhi perkembangan dakwah yatim di daerah tersebut. Selama seharian masing-masing ketua cabang wilayah Jombang, Nganjuk dan Kediri menggodok program-program yang nantinya akan dilaksanakan di tahun 2017. Tepat pukul 17.00 WIB Rakerda untuk wilayah Jombang, Nganjuk dan Kediri selesai.

Wilayah Batam

Minggu, (10/12/2017 ) merupakan pelaksanaan Rakerda Wilayah Batam yang dihadiri oleh Ketua Yayasan Himmatun Ayat Cabang Batam Umi Yeti maryati serta para penggurus yayasan yang lainnya diantaranya : Ustad. Asep Dedi, Ibu Ningsih Adha Sari, Hadi Nasrullah dan Ika Surtika. Agenda rakerda  Batam dimulai dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban dari ketua cabang Batam sepanjang tahun 2017, kondisi objektif dan letak geografis cabang dilaporkan dengan mendetail, plus minus dari tempat dan kondisi masyarakat sangat mempengaruhi perkembangan dakwah yatim di daerah Batam.

Wilayah Sidoarjo dan Pandaan

Sabtu, (06/01/2018) adalah pelaksanaan Rakerda wilayah Sidoarjo yang dihadiri 4 ketua cabang yakni Waru, Krian, Tulangan dan Pandaan serta 2 Kepala Sekolah                                                                                         RA. Team Cendekia Krian dan Waru yang dilaksanakan di Jl. Brigjend. Katamso Waru Sidoarjo. Masing-masing ketua cabang membacakan laporan pertanggungjawaban cabang yang dipimpinnya yaitu tentang kondisi obyektif (kondisi sekretariat, jumlah SDM, dan jumlah santri yatim), realisasi program kerja 2017 yaitu kegiatan yang sudah dilakukan baik sifatnya rutin maupun kondisional seperti pengadaan event-event khusus.

Wilayah Gresik

Senin, (25/12/2017) Rapat Kerja daerah wilayah Gresik dihadiri oleh 5 ketua cabang dan dilaksanakan di jalan Dr. Wahidin Sudiro Husada 306 Randuagung Gresik Kota. Masing-masing ketua cabang melaporkan pertanggungjawabannya selama periode tahun 2017 yakni perihal kondisi obyektif, realisasi program kerja 2017 serta prestasi-prestasi yang diperoleh oleh santri-santrinya selama satu tahun yang lalu. Mudah-mudahan dari pelaksanaan Rakerda masing-masing wilayah/daerah diharapkan akan meningkatkan kinerja serta pelayanan dalam dakwah yatim. Sampai berjumpa di RAKERNAS 2018 Yayasan Himmatun Ayat Indonesia. (Arfan)

Leave a Reply