RA Team Cendekia Jakarta Raih 3 Juara 1 dalam Porseni IGRA Jakarta Pusat

Seperti yang telah teragendakan bahwasannya Porseni IGRA Jakarta Pusat pada tahun 2016 ini dilaksanakan pada 31 Maret 2016. Dan pada tahun ini ada 9 cabang perlombaan, ada perlombaan yang diganti dengan lomba yang lain dan ada perlombaan yang mengalami pengembangan. Pada tahun 2015 RA Team Cendekia vakum/tidak mengikuti satupun perlombaan yang ada (tidak mengikuti porseni). Oleh karenanya pada tahun ini kita bermaksud untuk memaksimalkan hasilnya.

Setelah mengadakan koordinasi antara kepala sekolah dan ketua yayasan akhirnya pada tahun 2016 ini, RA Team Cendekia mengikuti 3 cabang olah raga/perlombaan saja, ini diputuskan karena keterbatasan anak didik dan besarnya biaya yang dikeluarkan. Setelah 3 cabang perlombaan yang diputuskan untuk diikuti, yaitu Lomba Sholat Jama’ah, Lomba Puitisasi Al-Qur’an dan Lomba Lari bendera, baru ibu kepala sekolah menentukan siapa-siapa yang mewakili/mengikutinya dan kapan waktu berlatihnya.

Untuk lomba sholat jama’ah karena bulan kemarin mendapatkan juara 3, maka untuk selanjutnya tidak terlalu sulit melatih anak-anak, intinya tinggal memolesnya. Yang paling lama yaitu latihan lomba lari bendera, yaitu hampir 2 minggu, sementara puitisasi al-Qur’an hanya 1 minggu saja.

Sebenarnya kita optimisnya hanya sholat jamaah saja yang mendapatkan juara, tapi semua diluar dugaan kita. Tepat pada hari Kamis, 31 Maret 2016 pagi habis subuh anak-anak RA Team Cendekia sudah siap di sekolah, dengan menaiiki mobil esspas hijau (semangat hijau) kita berangkat ke Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol. Ternyata di sana sudah banyak dari RA lain yang sudah datang.

Setelah acara pembukaan pukul 7.30 WIB oleh Ketua IGRA Jakarta Pusat dan Kepala Kandepag Jakarta Pusat, acara Porseni IGRA Jakarta Pusat di buka, masing-masing RA menuju tempat cabang olah raga dan seni yang telah disediakan.

RA Team Cendekia langsung melakukan Regritasi ke lomba Lari Bendera. Lari bendera ini setiap RA mengirimkan 6 orang anak sebagai peserta, yang dinilai adalah kecepatan, ketepatan memasukkan bendera dan kalung. Arya, Nabilah, Fakhrul, Shiren, Tika dan Arif adalah wakil dari RA Team Cendekia. Walaupun Nabilah, Fakhrul, shiren dan tika badannya kecil karena masih duduk di bangku TK A, tapi karena sudah latihan, mereka tidak mau kalah dengan RA lain. Dalam lomba itu mereka tidak melakukan kesalahan satu pun. Ayo…ayo..ayo… nabilah….nabilah….tika….tika…. (teriak Bu Fatma menyemangati anak-anak)  Dan alhamdulillah mereka dapat mengalahkan RA lain.

Untuk cabang ke 2 yaitu sholat jamaah, dalam sholat jamaah ini kita mendapatkan nomor undian agak terakhir, jadi anak-anak dapat melihat bagaimana RA lain menjalankan lomba, sambil Bu Fatma menerangkan ke anak-anak. Memang namanya anak-anak TK, macam macam tingkahnya.

Ketika kita melihat RA lain ada yang imamnya ngambek, trus gak mau jadi imam.., trus digantikan anak yang lain, dan ketika membaca fatiha, bacanya gak keras/sangat pelan.., dan lebih lucunya lagi yang belakang/makmumnya bilang dengan suara keras, “yang kenceng doong….gak denger nih, spontanitas ibu-ibu yang melihat jadi tertawa. Ada juga yang banyak gerak.

Dan alhamdulillahnya anak-anak RA Team Cendekia sangat baik bacaannya, gerakan makmumnya kompak, Jordan yang menjadi imam sangat baik membaca fatihah dan suratnya. Sampai kita lihat ke 3 juri pada akhir gerakan sholat anak-anak sampai takjub melihatnya. Dan banyak pula dari ibu/bapak dari RA lain sampai men foto atau men video anak-anak anak anak RA Team Cendekia.

Sedangkan lomba yang terakhir yaitu Lomba Puitisasi Al-Qur’an. Ini yang diluar dugaan kami, karena kami pesimis anak anak bisa meraih piala. Karena melihat seragam yang dipakai anak anak sangat sederhana sekali, sementara dari RA lain, ada yang sampai menyewa bajunya, baju adat, baju menari dan macam-macam asesorisnya. Tapi ternyata itu semua bisa dikalahkan oleh anak-anak kita dengan kekompakannya, dengan lantunan suaranya.

Pengumuman juara ini tidak langsung secara serempak tiga-tiganya. Setelah menyelesaikan lomba anak-anak berkumpul dan ganti baju di tempat yang ditentukan, yaitu di dekat mobil. Sambil menunggu Bu Fatma yang masih mendengarkan pengumuman juara lomba, anak anak ada yang makan, ada yang bermain. Pengumuman juara 1 ini pertama kali yaitu lomba lari bendera, karena ketika berlomba anak-anak sudah pasti menjadi juara 1. Kemudian datang Bu Fatma dengan berlari, “kita juara 1…juara 1……..lomba sholat  berjamaah….yesss…………. anak anak menyambut dengan berlari-lari. “Semoga puitisasi juga juara 1”, kata Bu Fatma sambil menyerahkan piala juara 1 lomba lari bendera dan piala juara 1 lomba sholat berjamaah. Kemudian Bu Fatma meninggalkan anak-anak untuk kembali ke tempat lomba, sementara anak-anak kembali bermain.

Selang beberapa waktu Bu Fatma kembali berlari menghampiri anak-anak, yeee… kita dapat juara 1 lagi….ayo beli es crem………hore….hore….(teriak anak-anak). Akhirnya tahun ini kita mendapat 3 piala juara 1 semuanya, semoga di tahun berikutnya dengan bertambahnya murid RA, kita bisa mengikuti lomba lebih banyak lagi, dan dapat juara lebih banyak lagi, amiin. Kemudian Bu Fatma membawa anak-anak ke pantai ancol untuk berenang bersama, karena anak-anak senang berenang. (Fatma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *